Rabu, 19 Januari 2011

Asal-usul Desa Mlaten

Setiap tempat memiliki sejarah masing-masing ,sebagai contoh desa yang saya tempati ini yang bernama "MLATEN" sebenarnya sejarahnya ada 2(dua) versi yaitu:
1.banyak di tumbuhi  bunga melati.
2.pendirinya bernama Sekar Melati.
Namun  yang akan saya bahas ini adalah gabungan dari dua versi tersebut, seperti di bawah ini :
Suatu hari, disebuah daerah terjadi peperangan yang akhirnya salah satu dari dari kalah. Dan yang kalah itu adalah dari pihak ayahnya Sekar Melati,akibat kekalahan itu menyebabkan Sekar Melati melarikan diri bersama pengawalnya yang bernama Darso.

Dalam pelarian itu akhirnya sampai di sebuah daerah yang banyak di tumbuhi bunga melati.Dan akhirnya, ia memutuskan untuk menetap di daerah itu dan membuka daerah tersebut bersama pengawalnya,Darso. Untuk menyembunyikan identitasnya ia mengganti namanya menjadi Sani.

Semakin  lama daerah tersebut semakin berkembang menjadi desa yang ramai dan makmur. Selama hidupnya hingga meninggal Sekar Melati yang dikenal dengan sebutan Mbah Sani tidak pernah menikah, begitu juga dengan Darso pengawal setianya.

Menurut para sesepuh desa bahwa Darso memiliki seekor ayam jantan atau yang dikenal Jago Wido dan seekor kuda yang akan muncul ketika ada pageblug , penyakit yang disebabkan karena serangan makhluk halus seperti hantu cekik, yang sampai sekarang kadang muncul untuk memberi tanda atau pesan kepada penduduk.

Suatu hari, penduduk daerah tersebut geger karena kedua pendiri desa mereka tidak ada dan semua orang tidak ada yang mengetahui dimana mereka berada .Setelah beberapa hari, diketahui bahwa mereka moksa (meninggal dan jasadnya langsung terbawa ke surga dalam ajaran agama Hindu) dan mereka meminta penduduk untuk mendirikan petilasan yang berada disekitar rumahnya.

Petilasan atau makam mereka sekarang masih ada dan dapat ditemukan di kompleks pemakaman utama Desa Mlaten.

Itulah sekelumit cerita tentang Desa Mlaten. 


Semoga yang saya tulis ini dapat bermanfaat !!!!!!

1 komentar:

  1. minta maaf,sebelumnya saya berterimakasih kpda penulis. tetapi cerita asal usul berdirinya desa mlaten tidak seperti itu.dan yang lebih fatal lagi 'MBAH BUYUT DERSO DAN MBAH BUYUT NYAI SANI TIDAKLAH BERAGAMA HINDU'..seperti yg smpeyan katakan. BELIAU adalah agama islam.
    saya asli org mlaten gg.3... trimakasih.

    BalasHapus